Minggu, 15 Maret 2015

I never lose, I win or I learn



Suatu hari Bapak bertanya,” kamu mau jadi apa ?”
Aku menjawab “gak tau Pak, belum tahu pengin jadi apa…”
Jadi guru aja, y
Gak mau, (dulu) jadi guru kayak bapak susah. Mau beli apa-apa kudu nunggu ada duit lebih.
Jadi pegawai negeri aja, cocok buat perempuan…berangkat pagi sambil antar anak sekolah pulang siang pas anak pulang sekolah.
Kayaknya enggak deh, Pak, saya gak betah duduk di belakang meja mengerjakan hal-hal yang sama bertahun-tahun.


Beberapa tahun berikutnya, Bapak kembali bertanya
“kamu mau lanjutin sekolah kemana ?”
Saya gak pengin kuliah, Pak, kasihan Bapak udah pensiun dan kuliah butuh biaya banyak.
Y, gak papa itu udah kewajiban Bapak. Trus kalo kamu gak kuliah kamu mau apa ?
Saya pengin kerja aja, Pak, nanti saya kuliah dengan biaya saya sendiri.
Kalo itu mau kamu, gini aja…kamu coba ikut aja UMPTN buat pengalaman. Kalo lolos nanti Bapak carikan biayanya. Kalo kamu gak lolos, kamu boleh kerja. Tapi janji sama Bapak, kuliah buat nambah pengalaman dan wawasanmu.
Baik, Pak, saya janji


Tiap moment selalu bisa kita petik tak selalu pada saat itu. Setelah beberapa jam, hari, minggu, bulan bahkan bertahun-tahun kemudian. Beruntunglah aku masih bisa menikmati ingatan moment-moment sederhana dengan Bapak rohimakumullah hingga seperti sekarang saya berdiri dan hidup.
Ada beberapa penyesalan mengapa dulu kita tidak begini tak begitu. Tapi kita tak mungkin hidup pada penyesalan.
Ada beberapa moment yang memang harus kita lewati dengan menyakitkan, menyedihkan dan kita tak mau lagi membuka lembaran itu.
Tapi itulah episode hidup yang memang sudah kita lewati dan tak akan berkubang pada satu moment gelap itu. Kalo tak melewati proses itu bagaimana kita akan mensyukuri moment terang berikutnya. Apalah arti awan gelap yang berarak kalo kita tahu dibaliknya ada matahari memancarkan cahayanya yang luar biasa.


I never lose, I win or I learn


Tidak ada komentar:

Posting Komentar